Banner

Saturday, January 22, 2011

Musim Hujan Datang, Karat pun Datang

Gak kerasa, baru beberapa saat rasanya kita menikmati musim panas aka kemarau, sekarang sudah masuk lagi ke musim hujan. Di musim yang seperti ini, tentunya berbagai masalah akan muncul di motor kita.. salah satunya adalah karat.

Musim hujan gak membuat aktivitas sehari hari kita menjadi terhenti, dari aktivitas bekerja, sekolah, kuliah, bahkan untuk sekedar main main. Kebayang kan jalanan yang basah oleh air, dan juga disertai kotoran pasti menempel pada hampir seluruh permukaan motor.. dari roda, rantai, body, kabel, sampai kepada bagian kelistrikan. Bila kita tidak mewaspadai hal ini, bukan tidak mungkin motor kita menjadi berkarat dan menimbulkan korosi pada bagian bagian motor. Kalau sudah begini, kita sendiri kan yang akan kerepotan nantinya.

Beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan agar motor kita terhindar dari karat di musim penghujan tanpa harus mengandalkan orang lain atau bahkan bengkel, itung itung.. biar kita jadi makin cinta sama motor kesayangan;

CUCI MOTOR SETELAH KEHUJANAN


Bila kita terpaksa harus berhujan hujan untuk beraktivitas, luangkan selalu waktu untuk mencuci motor setiap kali selesai dipakai. Kadang memang capek.. tapi ini perlu dilakukan, dan jangan menunggu besok dan besok. Bahaya karat bisa datang setiap saat dan tanpa kompromi..

Bersihkan seluruh bagian motor kita sampai ke celah celah yang paling kecil, dari body motor, roda, rantai, mesin. Gunakan selalu air bersih agar kita tidak serasa “Keluar Dari Kandang Macan, Masuk Ke Kandang Singa”. Gunakan shampoo khusus motor agar seluruh lapisan body jadi bersih mengkilat dan gunakan lap / kain yang halus agar tidak menggores permukaan body motor

Untuk bagian mesin, bisa menggunakan kain yang agak kasar atau bisa juga menggunakan kuas.. sedangkan untuk roda dapat digunakan sikat untuk mencuci.

Setelah selesai dicuci, gunakan lap kering berserat seperti KANEBO untuk mengangkat sisa sisa air yang masih menempel agar permukaan motor menjadi kering.

Bila motor akan disimpan dalam waktu agak lama, agar penampilan jadi lebih kinclong bisa juga menggunakan pemoles dan pembersih roda seperti KIT Black magic.

Fitur dari Kit Black Magic adalah

  • Formulanya berbusa
  • Mengandung silicone
  • Berbentuk Aerosol

Apa keuntungan Kit Black Magic?

Penggunaannya praktis, tinggal disemprot, tanpa dipoles ataupun dibilas (kecuali untuk yang type cair seperti kebanyakan dipakai di tempat pencucian kendaraan, harus dipoles menggunakan kuas)

  • Membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan ban
  • Membuat ban menjadi bersih hitam mengkilat seperti baru
  • Memperpanjang umur ban dengan melembabkan dan melindungi ban dari kegetasan dan keretakan

Untuk yang type spray, penggunaannya cukup mudah.. tinggal dikocok kocok dahulu kemudian disemprotkan ke permukaan ban dari jarak kurang lebih 20 cm.

RAWATLAH RANTAI ANDA

Rantai adalah bagian yang rawan pula terhadap korosi akibat karat, dan ini perlu dilakukan perawatan juga. Sebagian orang menggunakan oli (baru atau bekas) dengan cara melumuri rantai tersebut secara berkala. Cara ini memang tidak salah, tetapi ada efek sampingnya yaitu ceceran oli yang menempel di rantai akan menempel kemana mana, dari roda, velg, sampai ke body. Tentunya jadi gak nyaman kan bila rantai kita terawat tetapi motor kita jadi kotor. Saat ini sudah banyak beredar pelumas rantai yang di pasaran sering juga disebut chain lube.

Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal disemprotkan pada seluruh permukaan rantai dengan cara memutar roda agar seluruh permukaan rantai terlapisi chainlube. Rantai menjadi bersih dan terhindar dari karat, serta sendi sendi rantai menjadi lentur / fleksibel.. resiko rantai putus pun dapat dihindari.

KABEL GAS,KOPLING & CHOKE

Air yang punya sifat dapat mengalir lewat celah / pori pori yang sangat kecil, tidak terkecuali ke dalam kabel gas, kopling, dan juga choke. Bila sampai berkarat dan mengalami korosi, maka kabel akan rentan mengalami putus. Tentunya ini sangat tidak diharapkan karena akan merepotkan kita sendiri nantinya. Perawatan dapat menggunakan cairan seperti WD-40 atau minyak mesin jahit.


Caranya tinggal disemprotkan / ditetesi pada ujung kabel, kemudian tuas / handle dari gas, kopling atau choke digerak gerakkan agar mengalir sampai kedalam kabel yang terselubung.

Mudah mudahan sebagian tips diatas dapat membantu para pengguna motor, khususnya FU`ers untuk merawat motor agar selalu dalam kondisi fit.

0 comments:

Post a Comment