Banner

Wednesday, August 21, 2013

Tempat Wisata di Pemalang Jawa Tengah


 Wisata Pantai



WIDURI WATER PARK

 

 Widuri Water Park Pemalang yang berada di sekitaran Pantai Widuri Pemalang. Banyak yang mengatakan bahwa Waterpark ini merupakan salah satu wisata terbaru. Widuri Water Park, menyajikan aneka permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di sekitar lokasi juga banyak terdapat Rumah Makan yang kian memanjakan pengunjung dengan santapan kuliner khas laut serta tempat-tempat penginapan semakin melengkapi kunjungan wisatawan.

Banyak fasilitas Fasilitas menarik lain yang di tawarkan oleh Widuri Water Park. Ada beberapa Wahana yang siap memacu adrenalin pengunjung, dimana masing – masing memiliki kelebihan dalam memanjakan pengunjung. Bagi yang penasaran dapat kita simak beberapa wahana yang banyak diminati di Widuri Water Park Pemalang.


Wahana khusus diciptakan untuk menceriakan dan menambah pengalaman anak – anak pada permainan air. Dengan berbagaimacam jenis seluncuran yang disajikan baik itu yang berbentuk terowongan maupun jalan yang diperciki seperti air hujan, membuat mereka enggan untuk beranjak, salah satu yang menarik adalah menara air, dimana tempat berbentuk tokoh kartun yang sewaktu waktu akan menyiram air di bawahnya.



Bagi anda yang menyukai tantangan, coba yang satu ini. Wahana seluncur, dengan tinggi menara 11 M nerupakan seluncur tertinggi diantara yang lain, wahana yang memiliki tiga seluncur ini, akan memacu adrenalinmu, sambil berlomba dengan teman. Seluncur yang dibuat berkelok – kelok membuat kita seakan menaiki roller coster.





Sebagai wahana mainan air bagi pengunjung yang ingin melakukan relaksasi setelah seharian menikmati permainan, dengan menaiki pelampung yang disediakan,pengunjung di bawa mengitari areal waterboom selayaknya kapal yang sedang berlayar dilautan, sambil bercengkrama dengan teman dan melihat pemandangan yang indah.





PANTAI JOKO TINGKIR




Obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir terletak di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang atau sekitar 12 Kilometer arah timur laut dari Ibu Kota Kabupaten Pemalang. Untuk bisa menikmati keindahan dan keasrian Pantai R. Joko Tingkir yang masih alami dapat ditempuh dari pertigaan Pasar Petarukan Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) ke arah utara sekitar 7 Kilometer. Perjalanan yang cukup jauh akan terbayarkan tunai dengan panorama keindahan pantai ketika sampai di obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir.


Harga tiket masuk menuju obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir sangat murah. Saat memasuki kawasan Pantai R. Joko Tingkir suasana teduh dan adem senantiasa dengan setia menyapa setiap pengunjung yang datang. Di obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir memang banyak ditumbuhi pohon cemara yang membuat suasana menjadi nyaman dan membuat betah setiap pengunjung untuk berlama-lama berada di Pantai R. Joko Tingkir. Kondisi di sekitar obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir cukup bersih dan terdapat banyak tempat duduk yang diteduhi dengan pohon-pohon cemara yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengunjung untuk bercengkerama bersama keluarga, kerabat maupun teman dekat sambil menikmati keelokan Pantai R. Joko Tingkir. Selain itu juga terdapat sarana bermain untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan dan jungkat-jungkit yang bisa membuat liburan keluarga bersama putra-putrinya menjadi lebih seru dan lebih mengasyikkan.


Di obyek wisata Pantai R. Joko Tingkir banyak terdapat warung-warung yang berjajar dengan rapi di sepanjang tepian pantai yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Selain itu di sekitar kawasan pantai juga terdapat pondok lesehan ikan bakar untuk melengkapai suasana santai di Pantai R. Joko Tingkir. Jalan di sekitar Pantai R. Joko Tingkir sudah dibuat dengan paving block sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pengunjung untuk menyusuri setiap sudut pantai.
Keteduhan suasana di tepian Pantai R. Joko Tingkir dengan desiran ombak dan semilir angin pantai bisa membuat pikiran kembali segar, sejenak melupakan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Dan ketika pulang senantiasa memunculkan rasa untuk ingin kembali menikmati suasana pantai di lain waktu.


PANTAI BLENDUNG



gerbang utama pantai blendung

Blendung adalah desa di kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Mayoritas penduduknya petani sawah dan petani tambak. Luas daratan 1/3 dari luas tambak dan sawah.
Saat ini Desa Blendung akan lebih maju dan terkenal karena memiliki Pantai Blendung yang merupakan salah satu obyek wisata bahari andalan Kabupaten Pemalang, namun masih dikelola secara konvensional, di mana orang-orang yang menjadi petugas adalah kepanjang tangan kepala desa, sehingga tata kelola terkesan tidak profesional

Masyarakat juga berharap Pantai Blendung dapat menjadi objek wisata yang mampu dijual. Hal itu dibuktikan dengan kesediaan masyarakat merelakan sebagian tanah milik mereka untuk pelebaran jalan menuju ke pantai. Bagi masyarakat pemilik tambak tidak akan meluaskan tambaknya ke arah utara. Sebab, daerah itu merupakan sabuk hijau.

Keindahan pantai itu pernah menarik minat seorang investor untuk mengelolanya. Pantai itu akan dilengkapi dengan arena rekreasi air seperti sepeda air dan jet ski. Namun hal itu belum diiyakan oleh masyarakat. Sebab dikhawatirkan pengelolaannya nanti tidak sesuai dengan perencanaan Pemkab Pemalang


Terlebih setelah pada tahun 2008 kemarin Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang telah melakukan peningkatan sarana dan prasarana pariwisata di obyek wisata Pantai Blendung. Kondisi jalan yang mendekati bibir Pantai Blendung saat ini sudah dibuat cukup mulus -dengan kanan kiri jalan diapit tambak-tambak milik masyarakat sekitar- dan juga dibuat jembatan kecil yang menarik dengan dominasi warna biru muda. Sebagai semacam penanda memasuki kawasan obyek wisata Pantai Blendung terdapat gapura sebagai pintu masuk menuju pantai.



lorong pohon cemara


pantai blendungKondisi obyek wisata Pantai Blendung masih cukup alami dan berhawa sejuk karena cukup rindangnya pohon-pohon yang ada di kawasan tersebut sehingga masyarakat menjadi nyaman saat berada di obyek wisata Pantai Blendung. Hamparan pasir di sepanjang tepi Pantai Blendung biasanya menjadi mainan bagi setiap masyarakat yang mengunjunginya. Fasilitas yang saat ini terdapat di obyek wisata Pantai Blendung diantaranya adalah gardu pandang yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan laut luas yang indah dengan lepas dari ketinggian. Warung makan yang menawarkan aneka makanan dan minuman juga siap memanjakan masyarakat yang berkunjung ke obyek wisata Pantai Blendung.


bibir pantai blendung

Juru kunci pantai Bledung Mbah Suwaryo menuturkan, legenda mengenai pantai itu sampai kini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat. Tidak jelas cerita legendanya, namun konon pantai itu mampu memberikan berkah. Pengunjung yang berkepentingan dalam soal spritual biasanya akan diantar oleh Mbah Suwaryo ke sumur yang dikeramatkan yang letaknya di pinggir pantai.

Sumur itu disebut-sebut sangat misterius, karena lokasinya dapat berpindah-pindah di areal sekitar pantai. Biasanya sumur itu muncul dalam radius 100 meter dari bibir pantai di tanah yang ditumbuhi rerumputan. Sumur itu, konon hanya dapat ditemukan oleh yang berjodoh, sehingga bagi pengunjung sering menggunaan air pantai sebagai pengantinya.

Biasanya para muda-mudi yang datang ke tempat itu hanya membasuh muka dengan air pantai. Atau berjalan-jalan di bibir pantai dengan kaki telanjang agar kakinya menyentuh ombak. Entah kenapa hal itu juga dipercayai dapat melanggengkan perjodohan mereka.

Cerita lain yang terkit dengan pantai Blendung adalah keberadaan Mbah Tumpuk. Konon ia tokoh gaib berbentuk ular besar yang melingkar-lingkar dan tampak menumpuk. Cerita-cerita itulah yang berpengaruh terhadap daya tarik objek wisata yang kini dikelola oleh masyarakat Desa Blendung it

2 comments:

Kabar Pemalang said...

Mantep nih. Untuk info Liputan Wisata Pemalang lainnya bisa dicek di website kami.

Kabarpemalang.com

Global Trans Holiday said...

waw indah sekali pemalang yah...artikelnya sangat bermanfaat dan akan kami rekomendasikan kepada pecinta teman teman pecinta jalan jalan

Post a Comment