Banner

Friday, April 29, 2011

Resiko Filter Udara Kertas Pada Skubek Ganti Busa


Filter kertas sesuai isapan putaran mesin matik yang tinggi 
Kalau kefefet, bisa aja ganti filter udara bahan kertas pakai yang versi busa. Masalahnya bisa jadi susah untuk mendapatkan saringan udara kertas di tempat tinggal brother.

“Bisa aja. Pakai filter busa juga lebih menghemat. Namun agar masuk ke boks filter, saringan busa dipotong,” bilang Ceng Kun dari Cengkun Motor Sport (CMS), Tangerang, Banen.

Mungkin bisa aja filter busa jadi pengganti saringan udara busa untuk skubek. Tapi, ada alasan teknis seandainya memang penggantian jenis filter dilakukan.

“Ini menyangkut putaran mesin skubek atau matik. Putaran mesin skubek tinggi. Langsamnya aja di 1.700 rpm. Lebih tinggi dibanding tipe motor yang lain dengan cc sama dengan skubek,” ungkap Handy Hariko, Technical Service Division Head PT Astra Honda Motor (AHM).

Filter kertas mulai banyak diaplikasi di motor massal yang eranya sudah skubek. Honda Vario, BeAT, Suzuki Spin, Skywave, Skydrive dan Hayate 125 menerapkan saringan udara kertas.

“Ada sejenis cairan kusus di filter kertas yang disebut viskos. Gunanya untuk menangkap dan menempelkan partikel halus yang dihisap,” tegas Handy yang berkantor di Tipar Cakung, Jakarta Utara.

Daya isap yang besar dari putaran mesin skubek membuat udara masuk ke filter lebih cepat dan tinggi. Kalau sudah begitu, udara yang masuk ke saringan kertas bisa dipastikan mengandung banyak partikel halus seperti debu. Pori-pori saringan kertas yang sangat rapat plus viskos akan cepat menangkap kotoran. 


 Pakai busa musti di potong(kiri). Bisa masuk ke boks filter. tapi...(kanan)
Bagaimana kalau diganti dengan filter busa? Filter busa punya pori-pori tidak rapat seperti halnya filter kertas. Saringan busa dipakai untuk skubek dengan kekuatan isap tinggi bisa jadi partikel debu bakal lebih gampang lolos.

“Di bengkel umum busanya dikasih oli. Tetap jauh berbeda dengan menggunakan cairan yang ada di filter kertas. Partikel bisa juga lolos,” tegas Handy.

Berarti ada risiko tinggi buat mesin skubek yang awalnya pakai saringan kertas tapi diganti pakai busa. “Kalau daerah yang dilewati enggak panas dan sedikit berdebu, efeknya jangka panjang. Tapi kalau jalanannya panas dan berdebu,  dampaknya bisa cepat,” beber Handy yang tinggal di seputaran Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Skubek Honda Dio Pakai Nama Spacy, Akan Launching Minggu Pertama Mei



Beberapa perbedaan pada skubek baru Honda yang serupa dengan Honda Dio di Jepang sudah disinggung pada info gress sebelumnya! Nah, salah satu perubahan itu adalah nama yang akan dipakai. Dipastikan bukan pakai nama Dio, tapi Spacy!

Besar kemungkinan, nama ini dipilih untuk mewakili ukuran atau "space" Honda Spacy yang lega. Dimensinya lebih besar dari BeAT, jok dan pijakan kaki luas nyaman untuk dua orang, serta ukuran utility box-nya juga luas.

Bahkan konon helm pun bisa masuk. Untuk memperoleh ruang bagasi yang luas, Honda memindahkan air filter yang terletak di bawah jok ke atas CVT. Trik serupa jamak dilakukan skubek-skubek didunia.

Kepastian nama ini juga memberikan info tambahan seputar waktu peluncurannya. Seorang narasumber membocorkan kalau launchingnya tidak akan lama lagi. "Rencananya di awal Mei kok," ungkapnya singkat sambil menunjuk kemungkinan ada di minggu pertama bulan ke lima ditahun 2011 ini. Mudah-mudahan saja benar!

"Oiya, warnanya tidak hanya polos seperti yang kamu lihat di Jepang. Yang Indonesia lebih meriah dengan striping dan beberapa pilihan warna, salah satunya hijau loh," tambah pria yang ogah tenar ini.

Honda Spacy ini sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak Februari lalu. Serangkaian pengetesan dilakukan hingga akhirnya mulai di produksi di akhir bulan April ini.

Bahkan pembuatan TVC (Television Commercial) atau iklan televisinya juga sudah dilakukan. Honda menggandeng artis cantik Bunga Citra Lestari (BCL) dan suaminya Ashraf Sinclair.

Sayangnya hingga saat ini belum ada kepastian harga. Tapi kabarnya tak akan jauh dari harga Honda Scoopy yang dilepas Rp 13,5 jutaan. Karena Honda Spacy memang di posisikan diantara Vario dan BeAT.

Honda PCX 125, Hilangkan Kesan Elegan



Sesuai namanya, Honda PCX 125 yang singkatan dari "Personal Comfort Xaloon" pastinya menawarkan kenyamanan sebuah skubek berkelas dengan gaya elegan. Tapi apa jadinya bila konsep elegan ini disulap jadi racing futuristik?

Hasilnya seperti yang bisa dilihat pada hasil karya rumah modifikasi Ride It asal Thailand. Ride It, produsen variasi yang sudah tak asing di Indonesia ini begitu percaya diri menampilkan konsep Honda PCX eksteemnya.

Dari kelir yang dipakai saja sudah terlihat sangar, paduan merah hitam dan putih membuatnya terlihat sporty. Yang unik adalah pepaduan kaki-kakinya. Suspensi depannya tidak mengandalkan teleskopik konvensional, tapi pakai model lengan ayun dan dilengkapi dengan suspensi YSS model tabung.


Sedang di belakang, Ride It memundurkan roda belakang dengan menambah adaptor, resikonya spatbor belakang harus dilepas. Sedang suspensi belakang tetap setia dengan YSS. Tapi yang digunakan adalah model tanpa tabung.
 Data Modifikasi : 
 
Suspensi depan: Ride It
Suspensi belakang : Ride It
Pelek: Custom
Decal: Ride It
Jok: Ride It

Thursday, April 14, 2011

Setting Knalpot Racing, Fokus di Karburator dan Celah Klep!


 Setel ulang sekrup udara karburator dimaksudkan agar mesin tidak gampang meletup ketiga grip gas ditutup
Pakai
knalpot racing yang banyak dijual di pasaran, bisa aja langsung pasang. Mesin tetap bisa hidup dan juga dapat dipakai jalan.

Namun lebih baik seting dulu agar perfoma lebih bagus. Sebab terkadang mesin jadi lemot di rpm bawah dan atas, timbul gejala ngilitik hingga terjadi letupan saat gas ditutup.

Sendangkan munculnya gejala seperti itu, karena konstruksi beda dengan standar. Terutama volume pada pipa dan tabung silencer yang dipengaruhi panjang, lebar hingga susunan sekat yang ada di tabung.

Karena berubah bentuk, otomatis tendangan balik gas buang di perut knalpot ke ruang bakar tekanannya jadi berbeda. Makanya perlu penyesuaian di bagian komponen penyuplai gas bakar, terutama setingan karburator,” terang Marsudi mekanik yang kini gabung di tim Honda Denso Castrol NHK Jayadi Racing Team.

Untuk melakukan seting karbuartor juga tidak asal ganti komponen. Apalagi sekadar ganti knalpot racing tanpa ada bagian mesin yang ikut dimodifikasi. Marsudi bilang, cukup atur sekrup aliran udara. Atau naikkan spuyer main-jet 1 atau 2 step sesuai kebutuhan. Itu pun kalau perlu.

Lanjut Marsudi, untuk setelan sekrup udara baiknya sedikit ditutup. Sementara kalau untuk standar biasa pakai ukuran 1½ putaran balik dari posisi tertutup, dengan menggunakan knalpot racing yang lebih plong coba dibikin 1¼ putaran balik.

“Penyempitan aliran udara di lubang karbu lewat setelan sekrup udara, dimaksudkan agar mesin tidak gampang meletup ketiga grip gas tertutup. Sebab dalam kondisi itu di mana knalpot sudah plong, bensin jadi lebih sedikit daripada udara. Makanya dipersempit lagi agar bensin jadi lebih banyak. Letupan pun berkurang,” wantinya.

Selain seting sekrup udara. Untuk memaksimalkan tenaga di gasingan atas, di mana perut knalpot sudah lega dan butuh tendangan balik lebih kuat, Marsudi menyarakan untuk mengatur ulang spuyer main-jet.


 Setel klep untuk memaksimalkan tenaga juga untuk menyesuaikan kondisi cuaca di sekitar
“Biasanya sih aliran gas bakar diperbesar. Caranya, dengan menaikkan ukuran spuyer main-jet 1 atau 2 step. Peningkatan ini tentu harus disesuakan dengan kebutuhan. Caranya bisa dilihat dari hasil pembakaran. Seperti, kepala busi jangan terlalu putih atau hitam sekali,” lanjut mantan intruktur sekolah mekanik HMTC Jakarta.

Setelah karburator di seting ulang, penyesuaian lainnya bisa dengan mengatur setelan klep. Tapi kata Marsudi, setelan klep lebih ditujukan untuk memaksimalkan tenaga di rpm bawah atau atas, juga menyesuaikan kondisi cuaca di sekitar.

Misalkan ingin kejar torsi, saran Marsudi setelan klep bisa dibikin renggang dari ukuran standar. Apalagi kalau suhu di sekitar tempat tinggal pemilik motor cenderung dingin.

Sebaliknya kalau tenaga mesin ingin kerjar rpm atas. “Kondisi ini bisa diakali dengan menyeting setelan klep lebih rapat dari ukuran standar, agar gas bakar lebih deras masuk ke dapur pacu. Tambah lagi jika kondisi sekitar cenderung panas. Setingan ini lebih aman,” imbuh Marsudi.

Terakhir, untuk aliran udara disarankan Marsudi agar tetap menggunakan filter udara asli atau bisa juga pakai saringan udara variasi. Sebab kalau plong, khawatir karburator cepat kotor apalagi tipe vakum yang terkenal rawan gesekan.

Salah Kaprah Pengendara Cewek Nggak Paham Atau Cuek?


 Membahayakan orang lain!
Ulah foxy lady atau boncenger cewek bisa menjadi penyebab kecelakan pihak lain. Entah karena mereka memang benar tidak paham atau bertindak masa bodo alias cuek bebek. Yang penting nangkring di motor, terus gas, wess...

 Perilaku salah kaprah alias salah alamat membahayakan yang mungkin dilakukan lady biker, seperti bawa tas model jepit, pakai jaket terbalik, atau boncenger pakai pasmina sebagai pengganti jaket.

"Keselamatan berkendara itu mutlak, tidak bisa ditawar. Bawa tas yang tidak mengganggu gerak badan saat riding. Untuk pelindung badan, pakai jaket berbahan tebal dengan penutup hingga leher," terang Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) di Jl. Pondok Indah Jakarta Selatan.

Tuh kan, keamanan berkendara nggak bisa ditawar. Pakai jaket terbalik, nggak berkendara saja aneh, pakai jaket kok terbalik. Penutup kancing di belakang.

Jaket berkendara didesain dengan bahan tebal berfungsi melindungi kulit jika terjadi gesekan dengan aspal. Bahkan yang bagus ditambah dengan protektor di pundak, siku dan dada, agar jika benturan, tulang bagian itu terlindungi. Tidak ada kejadian fatal.

Kalau dibalik maksudnya mungkin hanya melindungi tubuh dari angin yang menyusup. "Tetapi ini sangat menganggu ketika riding. Apalagi penutupnya diletakkan di belakang. Bayangkan kalau posisi jatuh, tangan dan siku tidak leluasa. Tangan mudah cedera," tambah Jusri.

Lain lagi dengan gaya boncenger. Sebagai boncenger, sebaiknya sadar keberadaannya menambah beban buat pengendara. Dengan begitu, posisi titik tumpu motor jadi bergeser.

Boncenger yang bawa tas, paling aman diletakkan di antara pengendara dan boncenger. Kalau tas diletakkan di samping keberadaan tas juga menganggu pengendara lain. Apalagi kalau macet.

Banyak kejadian tas nyangkut di spion motor lain. Sedangkan boncengernya nggak sadar. tanpa sengaja tas nyenggol ke spion, bisa-bisa motor gedubrak. Bahaya kan buat orang lain. “Untuk beberapa motor, sudah ada bagasi ekstra lebar. Silakan simpan di sana,” katanya.

Ada lagi kebiasaan boncenger yang mengganggu, seperti yang pakai pasmina sebagai pengganti jaket. Mungkin boncenger malas membawa jaket, sehingga pilih  pasmina untuk menutup tangannya.

Jelas ini nggak safety. Pashima cuma bisa meminalkan dampak sengatan panas. tetapi tak melindungi dari angin apalagi kalau terjatuh. Malahan, sisa pasmina yang nggak nyangkut di badan, kalau dipakai berkendara akan melambai karena tiupan angin. Lambaian kain menutup jarak pandang pengendara lain. Bahkan nyangkut di setang motor lain.

"Sebaiknya ibu-ibu yang sering boncengan atau sekadar berkendara dengan anak juga diberikan pengetahuan tersendiri soal aman berkendara. Sebab kadang tindakannya membahayakan pengendara  lain," harap Jusri bi

Nih, 5 Masalah Motor Injeksi Akibat Bahan Bakar Buruk!


 Kualitas bensin dan filter udara kurang baik bikin putaran mesin sulit langsam, mbrebet hingga mengikis komponen
Honda
Supra X 125 PGMFi atau Honda Susi (Supra Injeksi) diklaim minim perawatan. Terutama komponen penyuplai gas bakar. Sebab aliran gas bakar ke dapur pacu mulai dari pompa bensin, nozel, injekor, trothle body hingga timing pengapian sudah diatur Eletronic Controle Modul (ECM). Sehingga tak perlu lagi bongkar-pasang macam karburator.

Pun begitu, untuk mempertahankan performa, jangan sembarang konsumsi bensin. “Sebab kualitas kurang baik dan filter udara kotor bikin putaran mesin sulit langsam, mbrebet hingga mengikis komponen,” ujar Hendra Surya, chief instruktur sekolah mekanik HMTC (Hartomo Mechanical Training Center) cabang Surabaya.

Penyebab timbul gejala itu kata Hendra ada 5 faktor. Pertama dan paling vital bila kerap konsumsi bensin kualitas rendah. Apalagi filter udara jarang dibersihkan tiap 4.000 km. Kedua, jika diabaikan biasanya dalam tangki banyak endapan. Itu dapat menyumbat filter pompa bensin dan berdampak ke nozel dan injektor.

“Ketiga, kalau nozel dan injector sudah dihinggapi kotoran, bukan cuma aliran tersendat, tapi 4 lubang injektor berdiameter 0,153 mm bisa saja terkikis. Alhasil, suplai bensin deras dan tidak mengabut,” imbuh Hendra di Jl. Jagir Wonokromo No. 100, Komp. Ruko Mangga Dua, Blok. AA1/1, Surabaya.

Faktor ke-4 bila Trotthle Position Sensor (TPS) di throtle body tertimbun kotoran akibat kualitas bensin atau filter udara kotor. Akibatnya sensor sulit kasih sinyal ke ECM berapa derajat katup kupu-kupu, untuk disesuaikan aliran bensin. Langsam jadi gak oke.

Terakhir atau ke-5 bila soket atau konektor kabel ada yang kendur atau copot. Baiknya untuk selalu cek kondisinya. "Cuma meski injeksi tidak perlu melakukan bongkar-pasang untuk servis berkala, ada baiknya filter dan lubang aliran injeksi dibersihkan pakai cairan khusus,” pesan pria yang bisa ditanya di nomor (031) 848-3380.

Wednesday, April 6, 2011

Mengatasi Kick Starter yang Seret

anda pernah mengalami seret pada kick starter beat Anda? mungkin permasalahan anda sama dengan saya. kick starter yang seret itu sangat menjengkelkan. apalagi kalau starter listrik nya tidak bisa digunakan. ada cara untuk mengatasi hal tersebut.

langkah pertama buka blok cvt. setelah diteliti letak seretnya ternyata diseputaran dua buah gir ini:


seperti di gambar, kalau keliatan kan sangat kering kerontang? kemudian diberi grese/gemuk, kalau ga punya disemprot pakai 4wd aja. kalau ga punya juga pake minyak sayur. :D




setelah itu di tutup kembali cvt nya, dan saya coba engklong lagi. dan akhirnya enak lagi gan, ga ada seret ga ada bunyi krek2 kalo ngengkol hehehehe

silahkan baca ini http://pemudapemalang.blogspot.com/2011/08/teak-123-best-teak-garden-furniture.html
semoga bermanfaat

Memasang Ring Led di Kipas Beat

Honda Beat itu memang skubek yang asyik. Khususnya untuk dimodif. Dibuat balap oke, tampil fashion juga menarik. Enggak percaya? Silakan liat langsung modifikasi kali ini pemasangan led ring pada kipas Beat.
langkah pertama adalah memotong pcb karena diameter berbeda harusnya 12 cm....

setelah di potong kemudian ditest terlebih dahulu sebelum di sealent...

apabila di test menyala kemudian pcb led disealent agar nanti tidak terjadi korslet akibat terkena air.

selanjutnya kita coba dipasang langsung di beat.


kipas dalam keadaan mati



kondisi kipas sedang berputar dan led menyala.


kipas muter


silahkan baca ini http://pemudapemalang.blogspot.com/2011/08/teak-123-best-teak-garden-furniture.html
semoga bermanfaat

penampakan ditempat terang.



Tuesday, April 5, 2011

Menghilangkan Footer Link Phoca Gallery

Phoca Gallery 2.7.1:

administrator\components\com_phocagallery\libraries\phocagallery\render\renderfront.php at 479 line:

        function getString() {
                return '<'.'d'.'i'.'v'.' '.'s'.'t'.'y'.'l'.'e'.'='.'"'.'t'.'e'.'x'.'t'.'-'.'a'.'l'.'i'.'g'.'n'.':'.' '.'c'.'e'.'n'.'t'.'e'.'r'.';'.' '.'c'.'o'.'l'.'o'.'r'.':'.' '.'r'.'g'.'b'.'('.'2'.'1'.'1'.','.' '.'2'.'1'.'1'.','.' '.'2'.'1'.'1'.')'.';'.'"'.'>'.'P'.'o'.'w'.'e'.'r'.'e'.'d'.' '.'b'.'y'.' '.'<'.'a'.' '.'h'.'r'.'e'.'f'.'='.'"'.'h'.'t'.'t'.'p'.':'.'/'.'/'.'w'.'w'.'w'.'.'.'p'.'h'.'o'.'c'.'a'.'.'.'c'.'z'.'"'.' '.'s'.'t'.'y'.'l'.'e'.'='.'"'.'t'.'e'.'x'.'t'.'-'.'d'.'e'.'c'.'o'.'r'.'a'.'t'.'i'.'o'.'n'.':'.' '.'n'.'o'.'n'.'e'.';'.'"'.' '.'t'.'a'.'r'.'g'.'e'.'t'.'='.'"'.'_'.'b'.'l'.'a'.'n'.'k'.'"'.' '.'t'.'i'.'t'.'l'.'e'.'='.'"'.'P'.'h'.'o'.'c'.'a'.'.'.'c'.'z'.'"'.'>'.'P'.'h'.'o'.'c'.'a'.'<'.'/'.'a'.'>'.' '.'<'.'a'.' '.'h'.'r'.'e'.'f'.'='.'"'.'h'.'t'.'t'.'p'.':'.'/'.'/'.'w'.'w'.'w'.'.'.'p'.'h'.'o'.'c'.'a'.'.'.'c'.'z'.'/'.'p'.'h'.'o'.'c'.'a'.'g'.'a'.'l'.'l'.'e'.'r'.'y'.'"'.' '.'s'.'t'.'y'.'l'.'e'.'='.'"'.'t'.'e'.'x'.'t'.'-'.'d'.'e'.'c'.'o'.'r'.'a'.'t'.'i'.'o'.'n'.':'.' '.'n'.'o'.'n'.'e'.';'.'"'.' '.'t'.'a'.'r'.'g'.'e'.'t'.'='.'"'.'_'.'b'.'l'.'a'.'n'.'k'.'"'.' '.'t'.'i'.'t'.'l'.'e'.'='.'"'.'P'.'h'.'o'.'c'.'a'.' '.'G'.'a'.'l'.'l'.'e'.'r'.'y'.'"'.'>'.'G'.'a'.'l'.'l'.'e'.'r'.'y'.'<'.'/'.'a'.'>'.'<'.'/'.'d'.'i'.'v'.'>';
        }
Change with:
        function getString() {
                return '';
        }
The go to: components\com_phocagallery\views\categories\view.html.php and find the line 242 with base64_decode:
                $tmpl['ab'] = base64_decode('PGRpdiBzdHlsZT0idGV4dC1hbGlnbjogY2VudGVyOyBjb2xvcjogcmdiKDIxMSwgMjExLCAyMTEpOyI+UG93ZXJlZCBieSA8YSBocmVmPSJodHRwOi8vd3d3LnBob2NhLmN6IiBzdHlsZT0idGV4dC1kZWNvcmF0aW9uOiBub25lOyIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHRpdGxlPSJQaG9jYS5jeiI+UGhvY2E8L2E+IDxhIGhyZWY9Imh0dHA6Ly93d3cucGhvY2EuY3ovcGhvY2FnYWxsZXJ5IiBzdHlsZT0idGV4dC1kZWNvcmF0aW9uOiBub25lOyIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHRpdGxlPSJQaG9jYSBHYWxsZXJ5Ij5HYWxsZXJ5PC9hPjwvZGl2Pg0K');
and change with:
$tmpl['ab'] = '' ;
And then components\com_phocagallery\views\category\view.html.php at line 169
$tmpl['md'] = base64_decode('PGRpdiBzdHlsZT0idGV4dC1hbGlnbjogY2VudGVyOyBjb2xvcjojZDNkM2QzOyI+UG93ZXJlZCBieSA8YSBocmVmPSJodHRwOi8vd3d3LnBob2NhLmN6IiBzdHlsZT0idGV4dC1kZWNvcmF0aW9uOiBub25lOyIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHRpdGxlPSJQaG9jYS5jeiI+UGhvY2E8L2E+IDxhIGhyZWY9Imh0dHA6Ly93d3cucGhvY2EuY3ovcGhvY2FnYWxsZXJ5IiBzdHlsZT0idGV4dC1kZWNvcmF0aW9uOiBub25lOyIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHRpdGxlPSJQaG9jYSBHYWxsZXJ5Ij5HYWxsZXJ5PC9hPjwvZGl2Pg0K');
and change with
$tmpl['md'] = '';
Hope it helps :). It works for me :)

Friday, April 1, 2011

Indonesia Gelar Kompetisi Desain Batik di Amerika

New York (ANTARA News ) - Perwakilan Pemerintah Indonesia di Amerika Serikat akan menggelar kompetisi desain batik yang akan diikuti oleh warga AS dalam upaya lebih memasyarakatkan batik di negeri Paman Sam, menyusul ditetapkannya batik Indonesia sebagai warisan budaya tak-benda dunia oleh UNESCO tahun lalu.

Menurut keterangan yang dihimpun ANTARA di New York, Senin, kompetisi yang digagas Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal, itu akan diselenggarakan oleh KJRI New York, KJRI Los Angeles, KJRI Houston, KJRI Chicago dan KJRI San Francisco di bawah koordinasi Kedutaan Besar RI di Washington DC.

Kompetisi akan dimulai seiring dengan dilakukannya peluncuran oleh masing-masing kantor perwakilan RI di AS pada April-Mei 2011.

Setelah peluncuran, semua warga negara AS di Amerika yang berusia minimal 16 tahun sudah dapat mengirimkan desain batik mereka ke panitia kompetisi.

Menurut keterangan KBRI Washington DC, target kompetisi ini adalah kalangan mahasiswa atau para lulusan sekolah seni dan desain, khususnya desain tekstil yang ada di AS.

Para juri kompetisi akan terdiri atas ahli-ahli batik, perancang busana Indonesia dan Amerika, juga tokoh-tokoh industri tekstil serta busana kedua negara --yang diharapkan berminat untuk membeli portfolio pemenang kompetisi untuk diproduksi secara massal dan diperjualbelikan di AS.

Selain berhadiah uang, kompetisi batik ini juga akan memberikan kesempatan kepada tiga pemenang untuk mengikuti "tur batik" ke Indonesia serta berpameran di Indonesia.

Pengumuman pemenang kompetisi itu sendiri akan dilaksanakan di San Francisco pada November 2011.

Sebelum menentukan pemenang, pihak penyelenggara pada tahap semifinal akan memilih 50 karya desain batik terbaik, yang kemudian akan dipamerkan pada kegiatan Indonesian Festival 9 Junli 2011.

Ada pun pada tahap final, penyelenggara memilih 20 peserta dengan desain terbaik yang akan diundang untuk mengikuti pelatihan tentang batik.

Kompetisi bertajuk "American Batik Design Competition" itu diselenggarakan melalui kerja sama dengan organisasi swadaya yang memusatkan kegiatan pada upaya memberikan pendidikan kepada dunia tentang Asia, The Asia Society, serta disponsori oleh sejumlah perusahaan besar Amerika dan Indonesia, antara lain PT. Freeport Indonesia, Chevron, PT. Garuda Indonesia, Pertamina serta Caterpillar.

Sementara itu, menurut keterangan The Asia Society, peluncuran "American Batik Design Competition" di Washington DC akan dilangsungkan pada 8 April di Washington Marriott Wardman Park Hotel.

Acara peluncuran juga akan diisi dengan pameran batik, penyajian makanan Indonesia, pertunjukan budaya serta peragaan busana oleh perancang Denny Wirawan.
(TNY)

tidur dan nyala lampu

tau ga ada hubungan nyala lampu sama imunitas ???

banyak yang punya kebiasaan tidur sambil nyalain lampu
(takut gelap mungkin ya hhe ) ternyata setelah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari unive terkenal di britania raya
tidur dengan disinari oleh sinar lampu akan menghambat pemulihan sistem imunitas tubuh (kekebalan tubuh) sehingga sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala akan lebih mudah sakit
ketimbang orang yang tidur tanpa disinari nyala lampu.

jadi mulai sekarang yuk biasakan tidur dengan mematikan lampu
selain bisa lebih sehat kita juga ikut menghemat energi (irit tagihan pln juga hhe )

smoga bermanfaat

sumber MMI & Harvard University

kalo bagus minta
nya ya gan hhe


oia ada tambahan dari agan anugerahadina yg baik hati nih
check this out

iat trti ini jadi ke inget ma hormon di tubuh yang sangat terpengaruh oleh idup dan matinya lampu waktu tidur...

well, pernah kah para kaskuser mendengar hormon melatonin?? hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal (berbentuk kerucut) di otak..Nah hormon ini mengatur regulasi sebagaian besar siklus hormon di dalam tubuh dan ritme keseharian tubuh terutama siklus 24 ja tidur dan bangun kita..
Nah, produksi hormon melationin yang banyak (cukup) pada waktu malam hari akan membantu proses tidur.. peningkatan jumlah hormon yang diekskresi ni dapat dibantu dengan mematikan lampu, sedangkan bila lampu tetap menyala maka kadar melatonin menurun dan makanya kita susah tidur..
Fakta bahwa anak muda/remaja memiliki kadar melatonin lebih tinggi dari pada orang dewasa. Itulah makanya sering terjadi kesulitan tidur / insomnia pada orang dewasa.

Melatonin ini juga telah mampu disintesis untuk dijadikan obat bagi mereka yang terkena insomnia.
Nah, semoga bermanfaat..

sumber:http://www.umm.edu/altmed/articles/melatonin-000315.htm dan http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/d...tural/940.html