Banner

Tuesday, January 25, 2011

Bintang Ophiuchus, Zodiak Ke 13

 Mungkin anda selama ini anda hanya mengenal rasi bintang hanya berjumlah 12.
Tapi tahukah anda bahwa belum lama ini telah beredar kabar bahwa para peneliti rasi bintang mengatakan, bahwa rasi bintang telah bertambah menjadi 13.
Ke – 12 rasi bintang ini dikaitkan dengan bulan dan tanggal kelahiran kita. Saat ini, sebuah penelitian telah menemukan rasi bintang baru bernama Ophiuchus, dan dikenal sebagai Serpentarius.
Ophiuchus adalah salah satu dari 88 rasi bintang, dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy.  Zodiak ini memang sangat jarang digunakan, serta memang tidak termasuk dalam sebagian besar versi rasi bintang yang kita kenal sekarang.
Ophiuchus Zodiac
Ophiuchus Zodiac
Dari ke-13 zodiak modern (rasi bintang pada ekliptika), dulunya Ophiuchus adalah satu-satunya yang tidak termasuk lambang astrologi. Ophiuchus ini sendiri berada di antara scorpio dan sagitarius.
Dan zodiak ini dilambangkan dengan gambar pawang ular. Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah kapankah rasi bintang Serpentarius akan masuk ke dalm 12 zodiak???
Lambang Zodiac Ophiuchus
Lambang Zodiac Ophiuchus
Seorang astronom, yang bernama Parkle Kunkle mengatakan, “pelurusan Bumi berubah dalam waktu 3.000 tahun terakhir sehingga  membuat terdorongnya sebuah rasi bintang baru masuk ke dalam susunan zodiak.”
Parkle Kunkle juga menambahkan, “sebenarnya proses itu juga telah berlangsung selama ribuan tahun”.
Perubahan ini memang bisa saja terjadi, karena sistem zodiak yang merupakan bagian dari astrologi dan berkembang sejak zaman Yunani.
Dalam astronomi, zodiak diartikan sebagai cincin dari rasi bintang yang garis ekliptikanya merupakan jalur jelas dari matahari di bola langit sepanjang tahun.
Jalan bulan dan planet juga berada di dalam ekliptika, dan begitu juga dalam konstelasi bintang dari zodiak.
Dalam astrologi, zodiak juga menunjukkan tanda-tanda yang membagi sebuah ekliptika sehingga membagi menjadi dua belas zona bujur langit yang sama.
Dengan begitu, zodiak bisa disebut juga sebagai sistem koordinat langit atau lebih khusus suatu sistem koordinat ekliptika.
Akibatnya, ekliptika dikenal sebagai asal lintang, dan posisi matahari di vernal equinox sebagai asal bujur.

Susunan Zodiak Terbaru

Capricorn : 20 Januari-16 Februari
Aquarius : 16 Februari-11 Maret
Pisces : 11 Maret-18 April
Aries : 18 April-13 Mei
Taurus : 13 Mei-21 Juni
Gemini : 21 Juni-20 Juli
Cancer : 20 Juli-10 Agustus
Leo : 10 Agustus-16 September
Virgo : 16 September-30 Oktober
Libra : 30 Oktober-23 November
Scorpio : 23 November-29 November
Ophiuchus : 29 November-17 Desember
Sagitarius : 17 Desember-20 Januari


Monday, January 24, 2011

Termometer Pendektesi Luka untuk Penderita Penyakit Diabetes

Termometer lazimnya digunakan untuk mengukur suhu tubuh saat demam. Tapi teknologi baru menciptakan termometer tenaga baterai yang bisa digunakan untuk mengurangi risiko luka dan amputasi pada penderita diabetes.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada saraf dan pembuluh darah, karena dihadapkan paparan gula darah tingkat tinggi. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan hilang rasa pada kaki (baal), yang berarti penderita diabetes tidak merasa sakit saat terluka atau melepuh.

Bila luka tersebut tidak diobati maka dapat berkembang menjadi borok dan infeksi serius. Dalam beberapa kasus, luka dapat tetap terbuka selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi yang mengancam jiwa atau tindakan terakhir harus diamputasi.

Nah, perangkat baru berupa termometer bertenaga baterai yang dikembangkan oleh Dibetica Solutions berbasis di AS ini dapat digunakan oleh penderita diabetes dan penyakit karena kerusakan saraf.

Gadget ini menggunakan cahaya inframerah untuk mengatur perubahan suhu, biasanya digunakan di kaki karena paling rawan terjadi luka pada pasien diabetes. Perubahan suhu ini menandakan adanya peradangan dan kerusakan.

"Ada bukti yang menunjukkan bahwa perubahan suhu dapat mengidentifikasi adanya tanda-tanda neuropati (kerusakan saraf)," jelas Cathy Moulton, penasehat klinis di Diabetes UK, dilansir Dailymail, Jumat (21/1/2011).

Gadget ini dirancang untuk digunakan sehari-hari, yang memungkinkan pasien melakukan pemeriksaan pada enam lokasi di kaki dan membandingkan perubahan suhu yang terjadi.

Pembacaan dengan menggunakan termometer ini dapat membantu mengingatkan pasien diabetes bahwa ia akan mengalami luka, bahkan sebelum luka tersebut muncul pada permukaan kulit. Hal ini memungkinkan pasien mencari pertolongan medis segera.

Untuk mengurangi risiko luka yang dapat menyebabkan amputasi, Diabetes UK merekomendasikan bahwa orang dengan diabetes secara teratur memeriksa kakinya dan melihat adanya perubahan warna, kerusakan kulit, bengkak dan jika kaki terasa sangat panas atau dingin.

Sekarang uji coba klinis yang lebih besar sedang berlangsung di Oslo University Hospital, di Norwegia.

10 Penyebab Kenakalan Remaja

Benarkah remaja bermasalah itu sudah biasa? Ada 10 penyebab munculnya kenakalan remaja. Tapi dengan komunikasi dua arah dan pemantauan dari orangtua, kenakalan remaja bisa dihindari.

Masa remaja sering dikenal dengan istilah masa pemberontakan. Pada masa-masa ini, seorang anak yang baru mengalami pubertas seringkali menampilkan beragam gejolak emosi, menarik diri dari keluarga, serta mengalami banyak masalah, baik di rumah, sekolah, atau di lingkungan pertemanannya.

Faktor pemicunya, menurut sosiolog Kartono, antara lain adalah gagalnya remaja melewati masa transisinya, dari anak kecil menjadi dewasa, dan juga karena lemahnya pertahanan diri terhadap pengaruh dunia luar yang kurang baik.

Akibatnya, para orangtua mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang tidak dapat diatur, bahkan terkadang bertindak melawan mereka. Konflik keluarga, mood swing, depresi, dan munculnya tindakan berisiko sangat umum terjadi pada masa remaja dibandingkan pada masa-masa lain di sepanjang rentang kehidupan.

Batasan dan Jenis Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan tindakan melanggar peraturan atau hukum yang dilakukan oleh anak di bawah usia 18 tahun.

Perilaku yang ditampilkan dapat bermacam-macam, mulai dari kenakalan ringan seperti membolos sekolah, melanggar peraturan-peraturan sekolah, melanggar jam malam yang orangtua berikan, hingga kenakalan berat seperti vandalisme, perkelahian antar geng, penggunaan obat-obat terlarang, dan sebagainya.

Dalam batasan hukum, menurut Philip Rice dan Gale Dolgin, penulis buku The Adolescence, terdapat dua kategori pelanggaran yang dilakukan remaja, yaitu:

1. Pelanggaran indeks, yaitu munculnya tindak kriminal yang dilakukan oleh anak remaja. Perilaku yang termasuk di antaranya adalah pencurian, penyerangan, perkosaan, dan pembunuhan.

2. Pelanggaran status, di antaranya adalah kabur dari rumah, membolos sekolah, minum minuman beralkohol di bawah umur, perilaku seksual, dan perilaku yang tidak mengikuti peraturan sekolah atau orang tua.

Keluarga yang Memicu?

Menurut Karol Kumpfer dan Rose Alvarado, profesor dan asisten profesor dari University of Utah, dalam penelitiannya, menyebutkan bahwa kenakalan dan kekerasan yang dilakukan oleh anak dan remaja berakar dari masalah-masalah sosial yang saling berkaitan.

Di antaranya adalah kekerasan pada anak dan pengabaian yang dilakukan oleh orangtua, munculnya perilaku seksual sejak usia dini, kekerasan rumah tangga, keikutsertaan anak dalam geng yang menyimpang, serta tingkat pendidikan anak yang rendah.

Ketidakmampuan orangtua dalam menghentikan dan melarang perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak remaja akan membuat perilaku kenakalan terus bertahan.

Faktor-faktor penyebab munculnya kenakalan remaja, menurut Kumpfer dan Alvarado, Minggu (23/1/2011)



  1. Kurangnya sosialisasi dari orangtua ke anak mengenai nilai-nilai moral dan sosial.
  2. Contoh perilaku yang ditampilkan orangtua (modeling) di rumah terhadap perilaku dan nilai-nilai anti-sosial.
  3. Kurangnya pengawasan terhadap anak (baik aktivitas, pertemanan di sekolah ataupun di luar sekolah, dan lainnya).
  4. Kurangnya disiplin yang diterapkan orangtua pada anak.
  5. Rendahnya kualitas hubungan orangtua-anak.
  6. Tingginya konflik dan perilaku agresif yang terjadi dalam lingkungan keluarga.
  7. Kemiskinan dan kekerasan dalam lingkungan keluarga.
  8. Anak tinggal jauh dari orangtua dan tidak ada pengawasan dari figur otoritas lain.
  9. Perbedaan budaya tempat tinggal anak, misalnya pindah ke kota lain atau lingkungan baru.
  10. Adanya saudara kandung atau tiri yang menggunakan obat-obat terlarang atau melakukan kenakalan remaja.

Faktor lingkungan atau teman sebaya yang kurang baik juga ikut memicu timbulnya perilaku yang tidak baik pada diri remaja. Sekolah yang kurang menerapkan aturan yang ketat juga membuat remaja menjadi semakin rentan terkena efek pergaulan yang tidak baik.

"Guru yang kurang sensitif terhadap hal ini juga bisa membuat remaja menjadi semakin sulit diperbaiki perilakunya. Demikian juga dengan guru yang terlalu keras dalam menghadapi remaja yang bermasalah. Bisa jadi, bukannya ikut meredam kenakalan mereka, malah membuat kenakalan mereka semakin menjadi," ujar Prof. Arif Rachman, pakar pendidikan dari UNJ.

Sementara M Faisal Magrie, konsultan psikologi remaja dari Asosiasi Berbagi, menyatakan beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mencegah munculnya perilaku kenakalan pada anak remaja.          

Menurut Faisal, mengasuh anak yang memasuki usia remaja dapat diandaikan seperti bermain layangan. "Apabila orangtua menarik talinya terlalu dekat, layangan itu tidak akan bisa terbang. Namun bila orangtua membiarkan talinya terlalu jauh, layangan tersebut akan putus karena angin yang kencang, atau hal lain seperti menyangkut di pohon," kata Faisal.

Begitu juga dengan anak remaja, jika orangtua terlalu mengekang anak, yang terjadi adalah anak tidak mampu berkembang secara mandiri dan mereka akan berusaha untuk melepaskan dirinya dari kekangan orangtua. Ketika hal ini terjadi, lingkungan sosial, terutama teman sebaya, akan menjadi pelarian utama si anak.

Apabila ternyata lingkungan sosial tempat anak biasa berkumpul memiliki kecenderungan untuk melakukan kenakalan remaja, anak juga berpotensi besar untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan kelompoknya.

Hal yang sama juga dapat terjadi apabila orangtua terlalu membebaskan anak. Perbedaannya adalah, anak yang dibebaskan tidak merasakan tekanan sebesar apa yang dirasakan oleh anak yang dikekang, sehingga dorongan untuk memberontak cenderung lebih kecil dibandingkan anak yang dikekang.

Berikan batasan yang jelas.

Orangtua disarankan untuk memberikan batasan yang jelas mengenai perilaku apa yang benar-benar tidak boleh dilakukan oleh anak, misalnya membolos, menggunakan narkoba, dan lain sebagainya.

Berdiskusilah untuk tawar menawar.

Lakukan tawar menawar melalui diskusi mengenai perilaku lainnya yang dianggap berpotensi membuat anak menjadi nakal, seperti pulang malam, menginap, atau bahkan memilih pacar.

Biarkan anak menentukan standar moralnya sendiri.
Proses tawar-menawar akan merangsang anak untuk menentukan standar moralnya sendiri. Di sisi lain hal ini dapat membuat anak lebih menghormati orangtuanya karena telah diberikan kesempatan untuk menentukan pilihannya sendiri.

Aktif berkomunikasi dengan guru di sekolah.
Pengawasan dan pemantauan orangtua di rumah bisa dilengkapi dengan pengawasan dari guru di sekolah. Pemantauan terpadu ini akan memberikan banyak masukan yang menyeluruh bagi orangtua mengenai perilaku anaknya di luar rumah.

Tak Ada Kata Terlambat


Menurut Faisal, tidak ada kata terlambat dalam menangani anak remaja yang terlihat 'melenceng'. Karena di usia ini teman adalah segalanya bagi anak, ia dapat dengan mudah terpengaruh oleh teman-teman sebayanya.

Untuk mengatasi hal ini, tindakan yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah dengan membuat kesan bahwa mereka bisa berdamai dengan pilihan anaknya. Dengan begini, orangtua tetap bisa mengawasi aktivitas dan pergaulan anaknya dengan pasif.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua berkaitan dengan hal tersebut. Ketika orangtua terlalu 'masuk' ke dalam kehidupan anak, pasti anak akan merasa terganggu privasinya. Ia akan merasa risih dan pada akhirnya justru bersikap tertutup kepada orangtuanya.

Untuk itu, orangtua harus mengusahakan agar tetap terlibat secara pasif, namun jangan sampai terkesan terlalu ingin ikut campur.

Mekanik Rentan Penyakit Kanker Paru

Para perokok, baik aktif maupun pasif termasuk kelompok yang paling berisiko terjangkit kanker paru. Kelompok lain yang juga rentan mengalaminya adalah para pekerja otomotif yang sering berada di bengkel. Mengapa demikian?

Selain sering menghirup emisi gas buang kendaraan bermotor, pekerja otomotif juga berhadapan dengan bahan lain yang tak kalah berbahaya dalam kaitannya dengan kanker. Bahan yang dimaksud adalah asbes yang digunakan sebagai lapisan kampas rem dan kopling.

Saat para mekanik membersihkan tromol dan rumah kopling kendaraan bermotor, debu dan serpihan serat asbes itu akan beterbangan kemudian terhirup. Debu asbes bisa terakumulasi sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker di saluran napas.

Risikonya bisa lebih besar lagi mengingat sebagian bengkel tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Data terbaru dari Environmental Protection Agency (EPA) menunjukkan, 66 persen bengkel di Amerika Serikat memiliki udara yang tercemar asbes di atas batas aman karena tidak punya ventilasi.

Penggunaan asbes oleh industri otomotif sebenarnya sudah diingatkan oleh EPA sejak tahun 1970-an, namun bahan itu tetap digunakan hingga saat ini karena dinilai punya kelebihan. Di antaranya lebih tahan panas dan lebih stabil dibandingkan bahan lain seperti karet dan plastik.

Dikutip dari Seedol, Minggu (23/1/2011), jenis kanker paru yang sering menjangkiti pekerja otomotif adalah Malignant mesothelioma. Jenis kanker ini menyerang lapisan tipis yang menyelubungi organ-organ penting termasuk paru-paru dan kebanyakan memang dipicu oleh asbes.

Seperti halnya pada jenis kanker paru yang lain, gejala awal Malignant mesothelioma seringkali tidak terdeteksi. Sebelum terlanjur parah, para pekerja otomotif atau siapapun yang bersinggungan dengan debu asbes sebaiknya memeriksakan diri jika mulai batuk-batuk atau mengalami keluhan lain pada pernapasan.

Saturday, January 22, 2011

7 Hal yang Menyebabkan Jerawat Muncul Di wajah mu

Berikut adalah 7 hal yang wajib kamu coba jika kamu ingin punya wajah jerawatan. Yah..siapa tahu kamu bosan punya kulit mulus dan penasaran bagaimana rasanya punya jerawat di wajah. Cara-cara di bawah terbukti cukup ampuh mendatangkan jerawat di wajah saya. Kalo kalian tidak percaya, saya persilakan untuk membuktikannya sendiri..

7 Hal yang membuat wajah dikunjungi jerawat:
  1. Memakai sabun mandi untuk mencuci muka

  2. Terlalu sering makan fast food dan makanan berminyak

  3. Berjemur matahari di tengah polusi

  4. 1 kaleng softdrink + 1 cangkir kopi + <(kurang dari)8 gelas air putih setiap hari

  5. Memegang dan memencet jerawatmu sendiri

  6. Mengganti sarung bantal sebulan sekali

  7. Satu-satunya olahraga yang dilakukan : BERKEDIP!

Bagaimana? sangat mudah dilakukan bukan?

6 Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keberadaan jerawat (terutama di wajah) akan sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri orang yang menderitanya. Maka dari itu setiap orang yang berjerawat pasti akan mati-matian berusaha agar makhluk bernama jerawat itu dapat segera dienyahkan dari wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

Bagi mereka yang berdompet tebal mah menghilangkan jerawat bukan masalah yang sulit. Tinggal pergi ke salon perawatan kulit yang mahal, ikuti terapinya, gunakan produknya, selesai deh. Tapi bagaimana dengan mereka yang berdompet tipis(seperti saya ini misalnya)? Apakah tidak ada harapan untuk menghilangkan jerawat dengan biaya yang murah?

Tentu saja ada, banyak malah. Berikut beberapa cara tradisional/alami yang bisa kalian coba untuk membantu menghilangkan jerawat :

  1. Bawang Putih

  2. Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.

    Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efekktif, namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain. Jangan khawatir masih banyak cara alami lainnya yang akan saya jelaskan di bawah ini.

  3. Putih Telur

  4. Bagaimana caranya? Mudah saja. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

  5. Pasta Gigi

  6. Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.

  7. Lidah Buaya

  8. Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, TELATEN!

  9. Tomat

  10. Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.


  11. Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar

  12. Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa(sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya).


Keenam cara alami untuk menghilangkan jerawat yang telah saya sebutkan di atas tidak harus kalian lakukan semua. Kalo kalian termasuk pemalas(seperti saya), pilih saja salah satu cara yang menurut kalian paling mudah dilakukan. Jalankan selama minimal 15 hari secara rutin, jika tidak ada perubahan baru coba cara yang lain. So, Selamat Mencoba…

Manfaat Obat Herbal

Di dahului dengan diagnosis kedokteran barat dan kedokteran timur oleh tenaga Ahli dan dokter sebagai langkah awal, dan dilanjutkan oleh pemakaian herbal dan obat alami yang halal dan thoyyib, serta obat-obat tradisional yang sudah dipakai secara turun-menurun yang khasiatnya sudah diyakini dengan mempertimbangkan dosis yang tepat,sesuai dengan pengalaman dan pengobatan

Gandum

Makanan lainya yang dianjurkan oleh Nabi Saw adalah gandum,yang diakui mempunyai sifat panas dan kering,melancarkan pencernaan dan meningkatkan Stamina.

Susu


Susu adalah makanan yang diberkahi sebagaimana anjuran yang disampaikan Rasulullah Saw kepada kita ,”Barang siapa dikarunia makanan oleh Allah hendaklah ia berdoa ,’Ya Allah berikanlah keberkahan pada makanan ini dan berikan kepada kami makanan yang lebih baik darinya .’Dan barang siapa dikaruniai susu oleh Allah,maka hendaklah ia berkata,’Ya Allah berikanlah keberkahan pada makanan ini dan tambahkanlah keberkahan darinya ,’Karena aku tahu bahwa makanan dan minumnya yang mencukupi hanylah susu”(HR Abudaud)

Mentimun

Mentimun adalah buah yang bersifat basah dan dingin oleh karena itu cocok sekali dimakan bersama kurma yang bersifat panas dan kering.Dalam hal ini Rasulullah menyontohkan makan kurma dicampur timun dan menganjurkan agar kita jika kita makan kurma,kita makan mentimun dan menganjurkan agar jika kita makan kurma,kita makan timun juga untuk menjaga keseimbangan antara unsur panas dan dingin

Sarang semut ( Myrmecodia pendens) merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hydnophytinae (Rubiaceae) yang dapat bersimbiosis dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya sehingga hanya sebagai termpat menempel saja.


Kandungan dan Manfaat:

Secara tradisi, sarang semut biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkannya untuk mengatasi rematik dan asam urat. Sarang semut mengandung flavonoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel, dan induksi apoptosis. Di samping itu, juga mengandung tokoferol. Tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antioksidan efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan sebagai antikanker.

Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut, menurut penelitian, hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanker.

Demikian juga sarang semut bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung. Khasiat sarang semut mengatasi jantung bocor diperkirakan akibat kendungan sarang semut yang kaya mineral. Sarang semut mengandung 0,37 g kalsium, 68,58 mg natrium, dan 3,61 g kalium per 100 g. Dalam metabolisme tubuh, kalsium dan natrium berperan memberbaiki kerja jantung dan impuls saraf. Sedangkan kalium berperan mengatur ritme jantung. Jika kebocoran jantung disebabkan infeksi kuman, maka senyawa yang berperan mengatasinya adalah flavonoid. Dalam banyak kasus flavonoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Senyawa flavonoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

Ramuan Sederahan

1. Sariawan

1 jari rimpang temulawak diiris tipis-tipis + 1 jari asam + 1 ½ gelas air, dimasak mendidih sampai air tinggal 1 gelas, angkat  dinginkan, tambahkan madu secukupnya, diminum pagi ½ gelas dan sore ½ gelas + gula aren .

2. Kembung dan Mulas


15 helai daun delima putih, dicuci dan ditumbuk tambahkan 3 gelas air, dimasak hingga air tinggal 1½ gelas, dinginkan, saring diminum 3 X sehari @ ½ gelas .

3. Cacingan

ambil 3 jari rimpang jahe, potong tipis-tipis+ 3 gelas air, rebus hingga air tinggal 1 ½ gelas, dinginkan, saring, tambahkan 1 sendok makan madu murni, aduk rata, diminum 3 X sehari @ ½ gelas . Atau

2 sendok makan biji pepaya lumatkan, tuang 1 gelas air panas, diamkan 10-15 menit, saring,  dinginkan, tambah 1 sendok makan madu, minum sekaligus setiap pagi perut kosong lakukan hingga sembuh.

4. Sembelit

Kupas 20 gram daun lidah buaya masukkan dagingnya dalam sebuah wadah, tambahkan 1 – 2 sendok makan madu, aduk rata, minum tiap pagi dan sore hingga sembelit hilang.

1 jari rimpang temulawak cuci, potong tipis-tipis, tambah 1 gelas air, masak hingga air tinggal ½ gelas, dinginkan, saring, tambahkan madu 1 sendok makan, aduk rata, minum sekaligus, diminum pagi hari perut kosong, lakukan tiap hari hingga sembuh .


5. Diare dan Muntah

3 sendok teh adas dihaluskan + 5 lembar daun jambu biji yang dipotong kecil-kecil + 10 cm kulit batang pulasari, tambahkan 3 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas . Boleh tambahkan madu tiap akan minum 1 sendok makan

20 helai daun salam dihaluskan, tambahkan 2 gelas air, masak hingga air tinggal separuh, dinginkan, saring, diminum pagi dan sore @ ½ gelas, teruskan sampai sembuh .

6. Kurang Nafsu Makan

10 lembar daun pegagan + 3 gelas air, masak sampai air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas, tambahkan 1 sendok makan madu kedalam ½ gelas larutan setiap kali akan diminum .

1 jari rimpang temulawak dipotong tipis-tipis + 10 gram asam jawa + 3 gelas air, dimasak sehingga air tinggal 1 ½ gelas, tambahkan  30 gram gula merah, aduk rata, dinginkan, saring, diminum 3 X sehari @ ½ gelas .

7. Batuk


30 gram bawang putih, kupas, lumatkan + 25 gram gula batu + 1 gelas air matang, diamkan selama 5 jam, lalu saring, 1X sehari @ 1 sendok makan.

8. Asma

1 batang rimpang alang-alang dan 1/2 jari rimpang kencur dipotong tipis-tipis + 5 lembar daun sirih yang sudah ditumbuk + 1 gelas air, dimasak hingga air tinggal ½ gelas + 1 sendok makan madu + 1 sendok teh air jeruk nipis, aduk hingga rata,

minum sebelum tidur, sebanyak 1/2 gelas.

9. Demam

3 buah umbi bawang merah dipotong tipis-tipis + 2 sendok makan minyak kelapa +  ½ sendok makan minyak kayu putih + 1 iris buah jeruk nipis. diaduk rata,  Gosokkan pada ketiak, perut, dan kepala, lakukan sebagai kompres, sampai panas turun . untuk membersihkan sisa-sisa, lakukan dengan dilap memakai air hangat .


10. Pilek

5 jari rimpang jahe + 5 buah bawang merah + 5 buah bawang putih, potong kecil-kecil + 2 gelas air, masak hingga air tinggal separuhnya, dinginkan, saring. Minum 2 X sehari @ 1/2 gelas.

Musim Hujan Datang, Karat pun Datang

Gak kerasa, baru beberapa saat rasanya kita menikmati musim panas aka kemarau, sekarang sudah masuk lagi ke musim hujan. Di musim yang seperti ini, tentunya berbagai masalah akan muncul di motor kita.. salah satunya adalah karat.

Musim hujan gak membuat aktivitas sehari hari kita menjadi terhenti, dari aktivitas bekerja, sekolah, kuliah, bahkan untuk sekedar main main. Kebayang kan jalanan yang basah oleh air, dan juga disertai kotoran pasti menempel pada hampir seluruh permukaan motor.. dari roda, rantai, body, kabel, sampai kepada bagian kelistrikan. Bila kita tidak mewaspadai hal ini, bukan tidak mungkin motor kita menjadi berkarat dan menimbulkan korosi pada bagian bagian motor. Kalau sudah begini, kita sendiri kan yang akan kerepotan nantinya.

Beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan agar motor kita terhindar dari karat di musim penghujan tanpa harus mengandalkan orang lain atau bahkan bengkel, itung itung.. biar kita jadi makin cinta sama motor kesayangan;

CUCI MOTOR SETELAH KEHUJANAN


Bila kita terpaksa harus berhujan hujan untuk beraktivitas, luangkan selalu waktu untuk mencuci motor setiap kali selesai dipakai. Kadang memang capek.. tapi ini perlu dilakukan, dan jangan menunggu besok dan besok. Bahaya karat bisa datang setiap saat dan tanpa kompromi..

Bersihkan seluruh bagian motor kita sampai ke celah celah yang paling kecil, dari body motor, roda, rantai, mesin. Gunakan selalu air bersih agar kita tidak serasa “Keluar Dari Kandang Macan, Masuk Ke Kandang Singa”. Gunakan shampoo khusus motor agar seluruh lapisan body jadi bersih mengkilat dan gunakan lap / kain yang halus agar tidak menggores permukaan body motor

Untuk bagian mesin, bisa menggunakan kain yang agak kasar atau bisa juga menggunakan kuas.. sedangkan untuk roda dapat digunakan sikat untuk mencuci.

Setelah selesai dicuci, gunakan lap kering berserat seperti KANEBO untuk mengangkat sisa sisa air yang masih menempel agar permukaan motor menjadi kering.

Bila motor akan disimpan dalam waktu agak lama, agar penampilan jadi lebih kinclong bisa juga menggunakan pemoles dan pembersih roda seperti KIT Black magic.

Fitur dari Kit Black Magic adalah

  • Formulanya berbusa
  • Mengandung silicone
  • Berbentuk Aerosol

Apa keuntungan Kit Black Magic?

Penggunaannya praktis, tinggal disemprot, tanpa dipoles ataupun dibilas (kecuali untuk yang type cair seperti kebanyakan dipakai di tempat pencucian kendaraan, harus dipoles menggunakan kuas)

  • Membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan ban
  • Membuat ban menjadi bersih hitam mengkilat seperti baru
  • Memperpanjang umur ban dengan melembabkan dan melindungi ban dari kegetasan dan keretakan

Untuk yang type spray, penggunaannya cukup mudah.. tinggal dikocok kocok dahulu kemudian disemprotkan ke permukaan ban dari jarak kurang lebih 20 cm.

RAWATLAH RANTAI ANDA

Rantai adalah bagian yang rawan pula terhadap korosi akibat karat, dan ini perlu dilakukan perawatan juga. Sebagian orang menggunakan oli (baru atau bekas) dengan cara melumuri rantai tersebut secara berkala. Cara ini memang tidak salah, tetapi ada efek sampingnya yaitu ceceran oli yang menempel di rantai akan menempel kemana mana, dari roda, velg, sampai ke body. Tentunya jadi gak nyaman kan bila rantai kita terawat tetapi motor kita jadi kotor. Saat ini sudah banyak beredar pelumas rantai yang di pasaran sering juga disebut chain lube.

Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal disemprotkan pada seluruh permukaan rantai dengan cara memutar roda agar seluruh permukaan rantai terlapisi chainlube. Rantai menjadi bersih dan terhindar dari karat, serta sendi sendi rantai menjadi lentur / fleksibel.. resiko rantai putus pun dapat dihindari.

KABEL GAS,KOPLING & CHOKE

Air yang punya sifat dapat mengalir lewat celah / pori pori yang sangat kecil, tidak terkecuali ke dalam kabel gas, kopling, dan juga choke. Bila sampai berkarat dan mengalami korosi, maka kabel akan rentan mengalami putus. Tentunya ini sangat tidak diharapkan karena akan merepotkan kita sendiri nantinya. Perawatan dapat menggunakan cairan seperti WD-40 atau minyak mesin jahit.


Caranya tinggal disemprotkan / ditetesi pada ujung kabel, kemudian tuas / handle dari gas, kopling atau choke digerak gerakkan agar mengalir sampai kedalam kabel yang terselubung.

Mudah mudahan sebagian tips diatas dapat membantu para pengguna motor, khususnya FU`ers untuk merawat motor agar selalu dalam kondisi fit.

Bagaimana Berkendara dengan Aman

Di lampu lalu lintas

Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang diarah lain. Misalkan saat di perempatan, pengendara lihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas. Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada dihadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Di dekat mobil

Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tsb sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.


Melintas dekat mobil yang berhenti

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

Saat berkendara disamping mobil di sisi dalam tikungan

Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

Mendahului mobil yang tidak aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya:

  • Saat berada ditikungan
  • Saat di puncak tanjakan
  • Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
  • Dekat persimpangan jalan
  • Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

Sedikit tips diatas mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber : YMI

Adab Seorang Pengendara

Walau sehari-hari naek motor, kadang-kadang kite apes dan terpaksa naik mobil. Eh.., pas di belakang kemudi banyak biker kadang ngeselin. Mereka nyemplak motor, lagaknya jalanan milik moyangnya. Padahal kalau kegebok, bikerlah yang cedera paling besar. Iyalah.

Nah, biar kita nggak ngeselin dan terhindar dari celaka, nggak salah menyimak tips hasil rangkuman pengalaman.


HINDARI PELAN TAPI DI TENGAH JALAN

Ini sering terjadi. Mereka adem ayem aje jalan pelan di tengah jalan. Pengemudi mobil bakal kesulitan melewatinya. Apalagi kalau mereka lagi tanggung ngebejek gas.


Biker paham etika harusnya ngerti kalau mau pelan, ya minggir. Supaya kagak jadi handicap pengendara mobil.

WAJIB KASIH TANDA SEBELUM BELOK

Di belakang kemudi mobil, sopir sering bertanya. Nih, motor mau belok ape lempeng. Soalnya dia ngambil posisi di tengah jalan dan di depannya ada pertigaan atau gang.

Nggak sabar, dia ngambil keputusan dan langsung nyusul. Eeh.., tiba-tiba bikernya belok dan jeedaaar! Mobil menghantam motor. Atau motor nyamperin mobil.

Ini akibat biker cuek mau belok. Tanpa sein atau kode tangan. Enak aje dia belok, nggak sadar di belakangnya mobil melaju kencang. Ente wajib melihat ke belakang, kasih tanda kalau mau belok. Jadinya, sopir kagak bingung dan bisa mengantisipasi manuver sobat.

JANGAN NYUSUL MOBIL SEENAK UDELE DEWE

Biasanya terjadi saat lalu lintas lambat merayap alias semimacet. Mobil terpaksa pasrah dalam antrean, sedangkan motor leluasa selimpat-selimpet di antara moncong dan pantat mobil.

Sering terjadi, biker memotong antrean dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan jarak tipis banget. Kalau tiba-tiba mobil menambah kecepatan, bisa dipastikan menabrak motor karena jarak sempit tadi. Kalau toh nggak terjadi tabrakan, sopir biasanya kaget dan mengumpat, Sialan!

Idealnya, penyemplak memperhitungkan betul kalau mau menggunting. Perkirakan jarak aman atau saat mobil betul-betul berhenti.


KELUAR GANG JANGAN KAYAK TIKUS GOT

Tikus keluar dari got, tanpa tengok kiri-kanan. Biker jangan begitu dong! Pernah kejadian, seorang rekan lagi nyopir mobil dalam kecepatan tinggi, langsung banting setir. Gara-gara motor keluar gang ke jalan gede seenak udele dewe. Gue kaget. Akibatnya, mobil terguling dan salah satu keluarga gue luka parah, cerita Faisal Mahbub yang kala itu ada acara ke luar kota.

Ini bener-bener dosa biker. Dalam situasi lain mungkin sopir nggak sempat menghindar dan melabrak biker slonong boy tadi. Prediksi betul kondisi lalu lintas sebelum gabung ke jalur besar.

JANGAN KELEWAT DEKET MOBIL DI STOPAN

Persis lampu merah, sampeyan harus waspada. Nggak sadar, kaki penyemplak nangkring di ban depan mobil.

Lampu ijo nyala, mobil jalan dan menggilas kaki penyemplak motor. Serem, orang itu marah-marah sambil ngegedor kaca mobil.

Ayo salah siapa? Kenapa nyimpen kaki dekat sama ban mobil. Waspada dong!

BE GENTLEMAN KALAU NYENGGOL MOBIL

Macet, buru-buru… ente pasti selimpetan. Biasanya, setang motor nggak sengaja melabrak spion mobil. Payah banget kalau biker langsung kabur atau belagak bego. Harusnya gentleman dong… Dekati sopir dan minta maaf.


Kalau dimaki-maki, ya risiko!

KIAT BALIK ARAH

Mau balik arah pada jalan dengan pemisah jalur, ada kiatnya. Sipnya, semua bodi motor masuk ke pemisah jalan tadi dengan posisi nyerong. Dengan begitu pantat dan moncong motor kagak ada yang nongol. Otomatis, kecil kemungkinan dihantam mobil dari belakang atau depan. Dengan posisi seperti itu pengemudi mobil nggak terhalang.

Sumber : YMI

Aksesoris Berkendara yang aman dan nyaman

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran untuk berkendara secara aman dan nyaman, terutama untuk anda yang senang bepergian jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Kami akan mengulas sedikit dan membahas tentang perlengkapan berkendara yang patut dipakai pada saat kita berkendara.

Safety Apparels


Yang dimaksud dengan safety apparels dalam pembahasan kali ini adalah asesoris yang kita pakai dalam berkendara untuk meminimalisir kecelakaan dan resiko dalam berkendara. Safety Apparels ini meliputi safety helmet sampai ke sepatu yang kita kenakan.

agv

a. Safety Helmet

Ada berbagai macam dan jenis helm yang tersedia di pasaran, dari yang mulai paling murah sampai yang paling mahal. Sebenarnya dalam memilih sebuah safety helmet, kita hanya memerlukan 2 kriteria saja, yaitu : nyaman dan aman. Nyaman pada saat kita kenakan dan aman dengan memilih helmet yang sudah bertanda “DOT” pada (biasanya) bagian dalamnya.

Kami tidak menganjurkan pemakaian helm proyek untuk dipakai berkendara roda dua. Helmet jenis half face-pun sebisanya dihindari untuk perjalanan ke luar kota.

b. Jacket

Sekarang ini jacket hadir dalam berbagai macam bahan, warna dan model. Pilihlah jacket yang nyaman dan aman untuk keperluan anda. Tentunya pada perjalanan jauh, kita tidak mungkin membawa berbagai jacket dengan berbagai bahan. Pilihlah yang menyerap keringat dan tidak tembus angin.

Kami sangat merekomendasi jenis dari bahan Gore-Tex atau Cordura yang tahan gesekan dan air yang dilapisi dengan bahan katun di sisi dalamnya.

Pemasangan protector pada pundak, punggung, siku dan sepanjang tulang tangan sangatlah baik untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kecelakaan.


c. Celana

Sangat dianjurkan yang terbuat dari bahan yang tebal, seperti jeans, soft canvas, kulit, Gore-tex dan cordura. Tiga bahan yang disebutkan terakhir memiliki daya tahan gesekan yang lumayan baik. Hanya saja kekurangannya, tidak terlalu nyaman dipakai pada saat matahari sedang terik. Untuk menyiasati hal ini, biasanya dipasanglah lapisan dari bahan katun disisi dalam, agar dapat menyerap keringat dengan baik.

Untuk celana touring buatan pabrik, biasanya juga sudah dipasangkan beberapa pelindung tubuh, antara lain di daerah belakang untuk melindungi tulang ekor, pinggul samping, lutut dan tulang kering.

d. Sepatu

Pilihan sepatu yang benar untuk berkendara motor tidak hanya nyaman dipakai, tapi yang paling penting adalah lunaknya bagian sendi engkel bagian depan. Hal ini dimaksudkan pada saat anda melakukan “panic break” (pengereman mendadak), kaki anda akan langsung menyalurkan tenaga ke tuas rem secara baik dan tidak tertahan di keras nya sepatu.

Klasifikasi yang memenuhi syarat nyaman dan aman untuk sepatu adalah :

- Sepatu haruslah mempunyai tinggi melewati mata kaki dan berpelindung

tepat pada mata kaki

- Diusahakan tidak bertali


- Nyaman dipakai

- Terbuat dari bahan alami (kulit)

- Sol yang terbuat dari bahan karet, agar tidak licin

- Mempunyai pelindung di ujung jari kaki

- Mempunyai angka ukuran yang 1 tabel lebih tinggi dari ukuran kaki kita

Biasanya kita akan mengalami pembengkakan pada kaki pada saat kita melakukan perjalanan jauh.

- Mempunyai sirkulasi udara yang baik dan mempunyai lapisan lembut disisi dalamnya.

e. Sarung Tangan

Selain sebagai pelindung tangan dan jari pada saat udara dingin dan hujan, Glove juga berfungsi sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan.


Sadar atau tidak biasanya pada saat terjadi kecelakaan, telapak tanganlah yang akan menyentuh aspal dan menahan tubuh kita pertama kali. Sama seperti pelindung tubuh lain, glove ini juga bisa dibuat dari berbagai macam bahan, warna dan bentuk yang menarik.

Sementara ini di pasaran, paling banyak tersedia adalah dari bahan kulit dan synthetic. Pilihlah yang berbahan kulit, karena bahan kulit tidak meneruskan sifat panas ke telapak tangan pada saat ada pergesekan dengan permukaan jalan. Bahan synthetic, selain tidak terlalu kuat, dia juga akan menimbulkan rasa panas pada kulit tangan kita.

Saran kami, pilihlah glove panjang dari bahan kulit yang mempunyai pelindung Serat Karbon dan Kevlar pada buku-buku jari.

Sebagai pertimbangan anda dalam memilih jenis pelindung, kami juga akan menambahkan bahwa pemakaian bahan fiberglass sebaiknya dihindari. Karena sesuai dengan sifatnya bahwa fiberglass akan patah dengan ujung yang biasanya tajam dan kaku (seperti kaca), patahan ini akan bisa menyebabkan cidera tambahan pada pemakainya. Lebih baik, pergunakanlah bahan serat karbon atau Kevlar sebagai gantinya.

Memang kelihatannya mahal sekali apabila kita membeli semua asesoris di atas tapi renungkan dan pertimbangkanlah keselamatan anda baik-baik, nilai dan harga bagian tubuh anda sangat tinggi, bukan ?

Alternatif dalam mengganti minyak rem

Klo soal kemampuan untuk mengerem banyak pengguna cenderung memilih jenis rem cakram ketimbang rem teromol. Sudah pasti tidak mudah panas dan ebih efisien. Namun kadang kala kita belum mengerti bagaimana perawatan, terutama saat mengganti minyak rem berkala per 6 bulan sekali.

Sekedar mengisi minyaknya sih gampang, kadang kala yang menjadi penghambat dalam penyetelan ulangnya yang membuat waktu tersita banyak aka memakan waktu. Salah satu kendalanya saat serpis antara lain kampas rem belum menggigit piringan, dikarenakan minyak rem lamban turun ke master, udah gitu ada gelembung udara yang sering disebut angin palsu.

Ada cara alternative selain ngisi minyak rem yang dituang dari tabung master rem trus dipencet-pencet, dikocok-kocok tuas remnya sampe berjam-jam minyak rem tidak kunjung keluar (ga crooot… cape deh!).

Kini saatnya mencoba cara jadul tapi lumayan bravo yaitu system nyipet..eh salah mksdnya suntik minyak rem dari kaliper dan nyetelnyapun jadi lebih gampang. Karena udara aka angina palsu tersebut bakalan terdorong ke atas seiring dengan naiknya minyak rem. 5-10 menit bakalan selesai deh, dengan penuh keyakinan (halah).

Langkah2nya siapkan botol bekas air aki yang masih ada tutup model corongnya (btl dalam keadaan bersih) sediakan pula slang seukuran slang pernapasan aki. Klo udah mari kita rangkai slang tadi dengan corong penuntup aki. Dan pastikan sambungannya rapat dan jangan sampai muncraaaaaat kemana-mana yak… gawat tuh klo blepotan..(hihihihi)

Kemudian kendurkan nipel aka baut pake kunci ring 8mm(umumnya), hati2 sleg. Lalu buka tutup tabung master atas pake obeng or kunci L jika sudah diganti.


Nah sekarang tinggal proses nyipet… eh salah mksdnya proses menyuntik Slang yang tadi itu dimasukin ke nipel dan botolnya sedikit diremas aka ditekan agak kuat agar ngisi minyaknya dan terdorong ke atas. Jangan bengong bro sembari melakukan itu perlu diperhatikan keadaan master remnya apakah sudah sampai batas tertinggi atau belum???

Jika sudah ya dihentikan.

Lantas kencangkan nipel dan pasang kembali tutup masternya. Dua sampai lima kali pencet pasti langsung dapet tuh.

Nb: lebih enak mengerjakannya sambil ngupi or minum the klo perlu sambil dengerin musik kesukaan kita masing2…

Sekian dulu brader.. Smoga bermanfaat, sori klo ga ada foto2 pendukungnya dalam pengerjaannya.

Tips dan Trik Reamer Karburator

Banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu peralatan yang harus dipersiapkan sebelum kita melangkah yaitu; minimal pakai bor tune (yang pake kompresor aka angin lebih enak megangnya dan berekspresi) , kikir bulat, amplas alus or mata bor amplas atau pake yang mata rubber lebih seep lagi. Yang penting setelah berekspresi dihaluskan dangan bantuan alat-alat yang tadi.

Pasti udah ga asing lagi mendengar kata Reamer karburator aka kaburasi, yaitu salah satu cara untuk mengoptimalkan debit bahan bakar dan mengoptimalkan performance tunggangan kita. Reamer venturi tak melulu buat balap, bagi kita2 yang pecandu akselerasi harian juga bisa. Jika dirasa memperbesar spuyer saja tidak bs mempuni maka bisa dilanjut dengan mereamer karbu. Point inti dari mereamer adalah memperbesar debit angin.
Adapun Reamer utk harian paling besar rangenya antara 1mm-2mm, namun idealnya 1mm sdh cukup. Teorinya, adonan bahan bakar dengan udara yang sempurna butuh perbandingan 1:15 artinya satu molekul bahan bakar berbanding 15 molekul udara pada atmosfer.
Langsung aja yuuuk kita mencoba mengoptimalkan karbu kita. Mari kita lihat bentuk lubang venturi, oval atau bulat? Biasanya klo oval itu dianut sm Keihin tapi ga semuanya sih…


Untuk yang pertama kita kikis bagian atasnya aja dari diameter tengahnya (liat gambar1).
reamer11
Eeeiitt jangan salah kikis yee, jangan sekali2 mengikis diameter bawahnya nanti bisa bocor.
Selanjutnya Reamer dimulai dari awal lubang venturi lalu tarik melebar ke mulut karbu. Reamer model kek gini pasti aman yang artinya angina tetap dihambat skep dan bisa stasioner pula.

Atau ada cara kerok lain lagi. Yang disentuh lubang venturinya sedikit saja namun congor bagian depan dikikis abis berbentuk corong aka terompet (liat gambar2).
reamer2
Lanjuuuuut mas… Jangan lupa kepala piston skep dipotong. Loh pake apa? Ups.. sori bro lupa nambahin alat bantunya;yaitu gerinda, yang enak pake gerinda duduk. Nah piston tadi digrinda aja…klo berapa besarnya yang harus digrinda mesti pake sigmat tuh atau coba dikira2 aja usahakan saat skep ditarik mentok, sejajar dinding reamer-nya jangan menghalangi aliran udara. (liat gambar 3).
reamer3
Memang kurang optimal jika cuma reamer karbu doang tanpa didukung dengan saluran pembuangan yang besar pula. Ibarat kata, banyak makan kudu berak. Klo ga motor ogah lari aka ogah ngibriiiit plus boros. Seeep!
Met Mencoba Brother…ada sedikit kutipan :


“Orang yang jatuh dan bangkit lagi itu adalah BIASA, namun orang yang setiap kali jatuh namun terus bangkit dan terus mencoba adalah hal yang LUAR BIASA” .(hal positif)

So, jangan takut untuk mencoba…smua butuh keberanian utk berekperimen + berekspresi dalam mencapai titik keberhasilan.


silahkan baca ini http://pemudapemalang.blogspot.com/2011/08/teak-123-best-teak-garden-furniture.html
semoga bermanfaat

Kabel Gas & Kopling Yang Beresiko

Bila kita perhatikan pada kabel gas dan kabel kopling yang ada dibawah setang motor FU, ada sebuah pengait / bracket kecil untuk mengaitkan kedua kabel tersebut agar selalu dalam posisi menempel pada body / rangka motor.
4
Mungkin bagi sebagian orang, bracket tersebut hanya sebatas pelengkap pada motor, tetapi sebetulnya pengaruhnya cukup besar juga.


Kabel yang tidak menempel pada bracket tersebut otomatis akan mengurangi kerapian dalam motor kita. Selain itu, kabel yang bergerak bebas tersebut ada kemungkinan akan mengalami lecet karena bergesekan / terjepit antara body dan bagian shock breaker.
3
Perlu diketahui bahwa lapisan luar dari kabel yang berbahan karet menyelubungi lapisan kedua yang berbentuk ulir dengan bahan besi. Kedua bahan inilah yang melindungi kabel serat kopling dan gas pada motor.
Bila lapisan terluar terkelupas akibat gesekan tadi, secara otomatis lapisan kedua akan menjadi terbuka. Resiko pertama, lapisan kedua akan lebih mudah untuk mengalami bengkok sehingga kabel serat didalamnya akan menjadi susah untuk melakukan gerakan naik turun karena terjepit pada bentuk pelindung kabel yang berubah.
1
Dampak yang paling parah, ulir pada lapisan kedua akan menjadi semakin tertarik akibat pergerakan rutin  dari kabel serat pada saat kita mengoperasikan motor. Dalam kondisi ini, ada kemungkinan saat kita menarik kabel gas, kabel serat tidak akan kembali ketika kita mengendorkan kabel gas kembali. Ini akan sangat berbahaya bagi pengendara dan sangat besar kemungkinan akan mengalami kecelakaan.
Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah :
  • Senantiasa periksa kabel sebelum mengendarai motor, pastikan agar kedua kabel selalu tersangkut di dalam bracket.
  • Segera ganti kabel gas / kopling yang terkelupas untuk menghindari resiko yang lebih besar.
  • Senantiasa membawa kabel cadangan bila mengalami kerusakan di tengah jalan.